Pentingnya Mengembangkan Bahasa Indonesia

Berdasarkan artikel berjudul “Peran dan Martabat Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Ilmu” yang ditulis oleh Suwardjono dari Fakultas Ekonomika dan Busines, Universitas Gadjah Mada bahasa Indonesia perlu dikembangkan sebagai bahasa pengantar ilmu pengetahuan. Saya setuju dengan pandangan penulis mengenai penggunaan bahasa Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Bahasa merupakan sarana utama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan sebagai alat komunikasi oleh sesama ilmuwan. Oleh karena itu kemampuan berbahasa sangatlah penting untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Penulis berkeyakinan bahwa bahasa Indonesia mempunyai kemampuan untuk menjadi bahasa pengantar ilmu seperti bahasa asing terutama bahasa Inggris.

Namun karena masih dianggap rendah terutama oleh sebagian ilmuwan, bahasa Indonesia menjadi kurang berkembang. Walaupun kita perlu belajar bahasa asing karena sebagian besar buku panduan yang digunakan di perguruan tinggi menggunakan bahasa Inggris, bukan berarti kita lalu melupakan bahasa Indonesia. Bagaimanapun juga bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang harus kita junjung tinggi.

Kurangnya minat kita terhadap pengembangan bahasa Indonesia membuat bahasa Indonesia semakin dianggap rendah bahkan oleh bangsa Indonesia sendiri. Kita kurang menghargai bahasa persatuan bangsa dan lebih menyukai belajar bahasa asing dibandingkan bahasa Indonesia. Padahal untuk dapat menguasai bahasa asing dengan baik, kita juga harus menguasai bahasa sendiri dengan baik pula. Hal ini menyebabkan bahasa Indonesia menjadi kurang berkembang. Padahal bahasa Indonesia mempunyai potensi untuk menjadi bahasa keilmuan.

Untuk bisa menjadi bahasa keilmuan, bahasa Indonesia harus mengembangkan pembentukkan istilah yang cermat untuk memudahkan pemahaman kita terhadap ilmu pengetahuan agar tidak terjadi salah kaprah. Dengan pembentukkan istilah yang cermat, bahasa Indonesia diharapkan mampu bersaing dengan bahasa asing dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Kita juga perlu menambah pengetahuan mengenai kosa kata. Dengan memperkaya kosa kata dan memperbaiki kemampuan berbahasa, kita lebih mudah memahami ilmu pengetahuan.

Untuk itu, sudah menjadi tugas kita untuk memajukan bahasa Indonesia agar mampu bersaing dengan bahasa asing dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Hal ini bukan hanya menjadi kewajiban Pusat Pengembangan Bahasa saja, tetapi kewajiban kita bersama sebagai pengguna bahasa Indonesia. Meski sudah mengetahui secara alami bahasa Indonesia, bukan berarti kita tidak perlu mempelajarinya. Kita perlu mempelajari dan mengembangkan bahasa Indonesia serta menjadikannya sebagai bahasa ilmiah yang membawa danpak positif bagi ilmu pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s