Resep Nasi Kare

Akhirnyaaa,kesampaian juga mau bikin nasi kare…walaupun gak yakin juga rasanya sama enggak dengan nasi kare ala jepang yg asli…hehehe…
setelah searching di google dan dapet resep yg macem-macem…mulai dari yg susah banget, sampai yg lumayan gampang lah buat pemula kaya aku…hehe
yah emang sih, banyak yg aku rombak…disesuaikan dengan persediaan yg ada lah…hehe
dan inilah resepnya…

Bahan-bahan :
– 6 sdt bumbu kare jepang siap pake (karena di kota kecilku tercinta susah nyarinya, aku pake bumbu rendang instan..hehe..aku udah nyari di supermarket2 di kota tapi gak nemu juga ..dan akhirnya setelah perdebatan sengit dan perang batin berkepanjangan, akhirnya dengan harapan besar kalo rendang dan kare itu masih sodaraan, aku ambil deh)
– 200 gr daging sapi, iris 1×1 cm
– 2 buah kentang, kupas iris sesuai selera
– 1 buah wortel, bersihkan, iris sesuai selera
– 1 L air
– 1 bh bawang bombay, iris tipis
– 1 sdt margarin
– 200 ml susu cair (aku pake santen, soalnya kalo makan atau minum yg banyak mengandung susu aku eneg, hehe)
– 2 sdt tepung maizena cairkan dengan air hangat
– merica bubuk, sesuai selera (karena aku suka pedes, aku banyakin, hehe)

Cara membuat :
1. Rebus daging yang sudah dipotong2 dalam air sebanyak 1 liter, sampai matang dan keluar kaldunya. Biarin, apinya di set kecil aja.
2. Siapin di wajan lain, masukin margarin, tumis bawang bombay sampai harum, masukin kentang dan wortel, masak kurang lebih 10 menit dengan api sedang sampai rasa manis dari sayuran tersebut keluar dan harum. Hati-hati jangan sampai gosong.
3. Masukin tumisan ini ke dalam panci daging dan kaldu, rebus kembali semuanya.
4. Masukin bumbu kare instan, masak semua sampai tercampur rata dan matang.
5. Masukin susu cair / santan, aduk rata.
6. Setelah semua bumbu meresap rata, daging dan sayur empuk, masukkan tepung maizena cair, aduk sampai rata.
7. Tambahkan merica bubuk, aduk rata.
8. Setelah matang, siap disajikan dengan nasi panas.

gak tau kenapa biasanya kalo aku coba resep baru sering berhasil, aku curiga ini karena faktor beginner luck…hehe…yg dimaksud berhasil disini juga termasuk berhasil bikin dapur jadi kaya kapal pecah…

nah, selamat mencoba resepnya…

Tinggalkan Balasan

