Pengembangan UKM dalam Menciptakan Ketahanan Ekonomi di Indonesia

BAB I
PENDAHULUAN

Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam dan manusia perlu memanfaatkan potensi yang ada dengan sebaik-baiknya. Tanpa pengelolaan yang efektif dan efisien, potensi yang ada hanya akan menjadi sia-sia. Potensi tersebut bisa membawa kita kepada kemakmuran bersama jika kita bisa mengolahnya dengan benar. Untuk mencapai kemakmuran bersama, maka dibutuhkan ketahanan ekonomi yang kuat di negara Indonesia.

Ketahanan ekonomi dapat dicapai dengan meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang berkesinambungan. Dengan itu semua, kita mampu mencapai kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat bersama.

Salah satu usaha menciptakan ketahanan ekonomi adalah dengan mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di kalangan masyarakat luas. Dengan adanya UKM ini diharapkan masyarakat mampu mengembangkan usahanya agar tercipta lapangan kerja yang mampu menekan tingkat pengangguran yanga ada di Indonesia.

BAB II
PEMBAHASAN

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Dengan banyaknya anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada negeri kita, sepatutnya kita bersyukur dengan cara memelihara dan memanfaatkan sumber daya yang ada secara baik dan benar. Memanfaatkan sumber daya bukan secara maksimal, namun harus dengan bijak karena kita harus memikirkan masa yang akan. Tidak semua sumber daya bisa diperbaharui, karena itu kita perlu memikirkan bagaimana caranya agar anak cucu kita kelak masih dapat menikmatinya.

Dengan sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang banyak, pemanfaatan sumber daya perlu dilandasi rasa tanggung jawab. Potensi yang kita miliki tersebut tidak aka nada gunanya jika tidak kita olah sebaik mungkin untuk kepentingan kita bersama. Sumber daya alam perlu kita olah guna mencukupi kebutuhan hidup masyarakat. Sedangkan sumber daya manusia harus kita tingkatkan kualitasnya melalui pendidikan dan pelatihan yang memadai, karena selain kuantitas yang besar dibutuhkan juga kualitas yang tinggi untuk menunjang kegiatan perekonomian dan memecahkan permasalahan ekonomi bagi hajat hidup orang banyak.

Permasalahan ekonomi merupakan hal yang sangat penting karena menyangkut kelangsungan hidup manusia. Sesuai dengan pengertian ilmu ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya. Masalah pokok yang terdapat dalam ilmu ekonomi adalah bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi setiap individu untuk berjuang memenuhi kebutuhan demi kelangsungan hidupnya.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terbatas, tentunya dibutuhkan ketahanan ekonomi. Ketahanan ekonomi diperoleh dengan pembangunan ekonomi yang diawali dengan pertumbuhan ekonomi. Karena pembangunan ekonomi akan selalu disertai dengan pembangunan ekonomi (M.T. Ritonga : 2007). Pertumbuhan ekonomi yang pesat mendorong penyediaan berbagai sarana dan prasarana perekonomian penting yang dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan ekonomi. Dengan ketahanan ekonomi yang kuat, negara mampu memenuhi kebutuhan hidup warganegaranya secara merata untuk kesejahteraan bersama.

Ketahanan Ekonomi diartikan sebagai kondisi dinamis kehidupan perekonomian bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan kekuatan nasional dalam menghadapi serta mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan yang datang dari luar maupun dari dalam secara langsung maupun tidak langsung untuk menjamin kelangsungan perekonomian bangsa dan negara berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Pengelolaan dan pengembangan ekonomi Indonesia didasarkan pada pasal 33 UUD 1945 sebagai berikut :
a. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan.
b. Cabang-cabang produksi yang penting bagai Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
c. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
d. Perekonomian nasional diselenggarakan berdasarkan atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.
e. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.

Oleh karena itu dibutuhkan strategi untuk bisa mencapai ketahanan ekonomi, baik didalam memenuhi kesejahteraan rakyat maupun dalam menghadapi gejolak ekonomi global. Strategi pembangunan diarahkan untuk :
a. Memperkuat keterkaitan antar sektor ekonomi, sehingga akan terjadi
perubahan struktur ekonomi yang semakin seimbang dan saling menunjang.
b. Memanfaatkan sumber-sumber domestik : sehingga sumber domestik menjadi komponen yang semakin berperan dalam perekonomian nasional.
c. Memperkuat pasar domestik sehingga pasar domestik menjadi penentu pertumbuhan ekonomi.
d. Memperkuat sektor ekonomi kerakyatan, menjadi sektor ekonomi yang berperan terhadap penciptaan lapangan kerja, penciptaan penghasilan baru, penciptaan inovasi-inovasi baru, dan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi.
e. Memperkuat pembentukan human capital, sehingga tercipta knowledge based society.

Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengaruh Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap ketahanan ekonomi di Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa pemerintah saat ini sedang mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk masyarakat. Pemerintah memberikan bantuan seperti pemberian kredit dengan bunga ringan untuk modal usaha. Dengan bunga yang ringan tersebut diharapkan masyarakat tidak akan kesulitan dalam mengembalikan pinjaman tersebut.

Di tengah kesibukan mengantisipasi dampak krisis finansial global saat ini, pemerintah jangan melupakan potensi Usaha Kecil Menengah (UKM). Sebab, di tengah ketidakpastian saat ini, hanya UKM yang bisa menjadi penyelamat ekonomi nasional jika jutaan usaha rakyat itu tetap diberi ruang untuk berproduksi serta menyerap tenaga kerja.

Dengan mengembangkan UKM, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat sehingga mampu menumbuhkan perekonomian di negeri ini. Dengan begitu, kita mampu memberdayakan sumber daya manusia dengan baik. UKM yang berkembang pesat akan menumbuhkan minat masyarakat untuk berwirausaha sehingga tenaga kerja yang terserap pun meningkat dan tingkat pengangguran dapat ditekan.

Rumusan kebijakan pemerintah dalam mengantisipasi dampak krisis keuangan justru lebih terkesan melindungi segelintir orang kaya yang bermain di pasar modal dan keuangan. Sementara kebijakan menjaga kinerja sektor riil (industri manufaktur, pertanian dan perdagangan), termasuk UKM, justru hanya sebatas wacana tanpa upaya nyata (Faisal Basri : 2008).

Mesikupun kebijakan pemerintah kadang-kadang mampu memperbaiki hasil pasar, pemerintah sendiri bukanlah institusi yang sempurna (G. Mankiw : 2006). Karenanya, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkan ketahanan ekonomi yang kuat di Indonesia. Rakyat Indonesia memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkannya.
UKM sangat perlu diberdayakan agar masyarakat mampu menghadapi krisis ekonomi yang terjadi dan tidak terlalu bergantung pada pihak luar. Masyarakat harus bisa mandiri untuk mengurangi ketergantungan pada pihak luar, sehingga Indonesia tidak selalu dicemooh karena tidak mampu berdiri sendiri.

Selain pemberian kredit sebagai modal usaha, perlu juga diberikan pelatihan tentang mengolah suatu usaha. Hal ini penting karena tanpa pengetahuan yang cukup dalam bidang usaha, kemungkinan usaha yang dijalankan tidak akan berjalan lancar. Untuk itu diperlukan usaha pemerintah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia agar bisa produktif dalam berwirausaha.

Pemberian pelatihan mutlak diperlukan guna menunjang kemampuan masyarakat, karena pada kenyataannya pendidikan sebagian besar tenaga kerja di Indonesia tidaklah tinggi. Sebanyak 49 persen tenaga kerja di Indonesia masih berpendidikan SD ke bawah. Sampai dengan Agustus 2011, jumlah tenaga kerja berpendidikan rendah tercatat 54,1 juta orang. Pekerja dengan kualifikasi pendidikan tinggi baru sebesar 8,8 persen (Eny Prihtiyani : 2011) .

Dengan terus berkembangnya UKM, kesadaran masyarakat untuk membeli produk dalam negeri juga harus ditingkatkan. Tanpa adanya pembeli, tentu UKM tidak akan berkembang. Karena kalau bukan dari kita yang membeli, siapa lagi? Sehingga para pengusaha akan semakin termotivasi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksinya.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

I. Kesimpulan

Ketahanan ekonomi dapat dicapai dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang menyertai pembangunan ekonomi sehingga dapat tercapai kesejateraan masyarakat. Salah satu cara untuk meningkatkan ketahanan ekonomi di Indonesia adalah dengan dikembangkannya Usaha Kecil Menengah (UKM)

Cara-cara yang bisa ditempuh untuk mengembangkan UKM adalah dengan pemeberian kredit berbunga ringan oleh pemerintah agar tidak menyulitkan wirausahawan; memberikan pelatihan, pendidikan, dan pengetahuan berwirausaha kepada masyarakat; meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk dalam negeri.

II. Saran

Untuk menciptakan kesejahteraan bersama diperlukan ketahanan ekonomi yang kuat. Mengembangkan UKM merupakan salah satu cara yang pantas untuk mewujudkannya. Dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak untuk melaksanakannya, karena peran dari pemerintah dan juga rakyat sangat menentukan bagaimana hal ini akan berhasil.

Pemerintah dan rakyat sudah sepatutnya slaing bahu-mambahu untuk untuk mewujudkannya. Dengan bantuan modal dari pemerintah, masyarakat diharapkan mampu mengolahnya dengan baik dan dapat bermanfaat bagi semua. Selain modal, pengetahuan yang cukup mengenai wirausaha juga perlu agar modal yang diberikan pemerintah dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tanpa adanya daya beli masyarakat terhadap produk dalam negeri, juga tidak akan mengembangkan usaha yang ada.

Oleh karena itu, marilah kita saling membantu guna membangun ketahanan ekonomi yang kuat agar kita mampu menghadapi krisis global yang melanda dan mampu bertahan di tengah ketidakpastian perekonomian global.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s